PENGARUH CUACA EKSTRIM TERHADAP KERETA API OTOMATIS

Yusron Sayoga (Situs Tentang Kereta Api ) - Dalam artikel kali ini yusronsayoga.com akan membahas tentang Pengaruh Cuaca Ekstrim Bagi Lokomotif Otomatis (Self Driving Locomotive). Penasaran? Yuk! Scroll artikel berikut!

Ada banyak kendala untuk usaha kereta api dalam mengimplementasikan Operasi Kereta Otomatis (ATO). Salah satunya adalah cuaca ekstrem yang menyulitkan pengoperasian lokomotif dan kereta api, bahkan bagi pengemudi. Untuk mengatasi masalah ini, perusahaan teknologi Rusia Cognitive Pilot telah mengembangkan jenis sensor khusus. Hal ini memungkinkan lokomotif shunting yang mengemudi sendiri untuk berjalan dengan efisien dan mantap selama salju atau hujan.

Pada tahun 2019, Cognitive Pilot, perusahaan patungan Sberbank dan Cognitive Technologies Group Rusia, memulai proyek luar biasa dalam kemitraan dengan Russian Railways (RZD). Ini mengembangkan Cognitive Rail Pilot, solusi teknologi khusus untuk mengemudi otonom lokomotif shunting, dan memasangnya pada kendaraan ČME3, yang banyak digunakan di Rusia dan negara-negara pasca-Soviet lainnya. Lokomotif tanpa pengemudi diuji di berbagai lokasi di negara ini termasuk Vologda dan Ufa.

“Selama pengujian, kami memeriksa bagaimana sistem bekerja dalam berbagai kondisi, tergantung pada musim dan cuaca serta apakah lokomotif mengangkut gerbong dengan barang atau berjalan tanpa mereka. Kami telah berhasil memeriksa semua operasi shunting seperti berhenti, berjalan lancar, ditambah dengan kereta, gerakan kerja di dalam stasiun dan lain-lain. Selain itu, kami menguji semua fungsi: mencegah insiden Signal Passed at Danger (SPAD) dengan kemungkinan pengereman, berlari melalui turnouts, mencegah tabrakan dengan pejalan kaki atau hewan, mencegah tabrakan dengan kereta lain. Hasilnya sangat bagus, ”Olga Uskova, CEO Cognitive Pilot, mengungkap beberapa detail percobaan.

Pilot Kereta Kognitif


Cognitive Rail Pilot terdiri dari beragam teknologi - mulai dari kamera hingga sensor dan perangkat lunak. Misalnya, solusinya memiliki kamera video berwarna dengan penglihatan singkat, sedang dan jarak jauh, sistem kontrol suhu dan kelembaban unit dengan tambahan pemanasan, sistem isolasi getaran aktif tiga sumbu, radar posisi, perlindungan daya dan sistem kontrol kegagalan, integrasi unit dengan sistem traksi dan pengereman, algoritma AI canggih untuk pemrosesan data dan lainnya.

Lokomotif shunting ČME3 dilengkapi dengan solusi Cognitive Rail Pilot, sumber: Cognitive Pilot
Selain itu, Pilot Rel Kognitif juga mencakup beberapa komponen luar biasa. Di antara mereka adalah Radar Pencitraan 4D. “Ini adalah sensor generasi baru yang dikembangkan oleh perusahaan kami dan diproduksi di pabrik robot kami di Tomsk. Sensor ini dikembangkan untuk pengoperasian dalam kondisi cuaca ekstrem - misalnya, di salju atau hujan. Dan produk itu sendiri menggunakan metode fusi data tingkat rendah, yang merangkum dan memproses secara komprehensif semua data yang diterima dari semua sensor dan sistem di tingkat bawah, yang menghilangkan kebutuhan untuk mengakumulasi kesalahan lokal, ”jelas Olga Uskova. Karena Radar Pencitraan 4D, solusinya juga dapat mengenali lampu lalu lintas di permukaan tanah ketika tertutup salju tebal.

Mendeteksi manusia
Sedangkan untuk mendeteksi manusia, solusi Cognitive tidak memiliki masalah dengan ini. Ini mengenali orang dengan akurasi 99,998 persen dan membedakan manusia dari benda mati. “Ketidakpastian perilaku manusia tidak memengaruhi pengenalan objek. Dalam hal ini, semuanya bekerja dengan akurasi unik. Jika seorang pria melintasi rel, sistem akan mendeteksi dia dan akan menghentikan lokomotif. Tentu saja, ada beberapa batasan karena berat lokomotif dan jarak pengeremannya yang panjang, "kata Olga Uskova.

Rencana masa depan

Sampai hari ini, Cognitive Pilot telah melengkapi 10 lokomotif shunting RZD dengan solusinya untuk mengemudi secara otonom. Baru-baru ini disertifikasi untuk penyebaran lebih lanjut di lebih banyak lokomotif. “Izin ini berarti kemungkinan untuk menginstal solusi kami di sekitar 10.000 lokomotif,” tambah ketua Cognitive Pilot.

Mengenai rencana masa depan, perusahaan Rusia juga bekerja pada adopsi solusi untuk arus utama dan pemantauan infrastruktur. “Untuk memperkenalkan Pilot Rel Kognitif pada jalur utama, kita perlu mengatasi berbagai tugas: mulai dari lalu lintas tak berawak hingga pemantauan kondisi trek dan infrastruktur kereta api. Beralih ke pemantauan otomatis infrastruktur kereta api akan menghemat banyak uang dan sejumlah besar nyawa. Kami saat ini sedang mengerjakan sistem ini bersama-sama dengan salah satu produsen mesin terkemuka, ”kata Olga Uskova, CEO Cognitive Pilot. (source: railtech.com)

Nah railfans itu dia artikel tentang Pengaruh Cuaca Ekstrim Bagi Lokomotif Otomatis (Self Driving Locomotive) dari dari situs Yusron Sayoga!

Untuk video bertemakan kereta api di indonesia, silahkan kunjungi official youtube kita di link ini → https://www.youtube.com/c/yusronsayogayuwono

SHARE THIS:

0 komentar: